judul
Breaking News
Loading...
Jumat, 17 Maret 2017

MAX7219 KONFIGURASI SEGMEN ANODA

Jumat, Maret 17, 2017
MAX7219 adalah IC yang berguna sebagai driver antarmuka antara mikro-kontroller dengan LED 7 Segmen (hingga 8-digit), tampilan balok (bar display), atau 64 LED individual yang bersifat common cathode. Antarmuka serial ini dapat mencapai kecepatan hingga 10 MHz.

Dalam chip ini sudah tersedia dekoder BCD (kode-B), rangkaian pemindai multiplekser, pengarah (driver) segmen dan digit, dan 8x8 RAM statik untuk mengingat setiap kondisi setiap digit (latched state).

Hanya diperlukan satu buah resistor eksternal untuk mengatur arus untuk semua LED.

Kode CNG / ENG berbeda dalam rentang suhu operasional, CNG untuk pemakaian umum / commercial grade (0° ~ 70°C), ENG untuk penggunaan industri / industrial grade (-40° ~ +85°C). Selain perbedaan di rentang suhu, keduanya sama persis.

Untuk mengendalikan semua LED tersebut (ke-64 digit tampilan), hanya diperlukan 4 kabel yang terkoneksi secara serial ke mikro-kontroler. Masing-masing digit dapat disunting tanpa perlu menulis ulang keseluruhan tampilan (seperti pada sistem yang menggunakan shift-register). Chip ini juga memungkinkan pengembang untuk memilih apakah akan menggunakan dekoder BCD secara independen untuk masing-masing digit.

Pada kondisi tampilan dimatikan, data yang ada tetap terjaga / tidak hilang (retained data) dan listrik yang dikonsumsi hanya sebesar 150 µA.

"MAX7219 secara default bekerja untuk Seven Segment jenis KATODA"

NOW...
HACK, Agar bisa di kolabari dengan menggunakan Common Anoda tanpa harus menambahkan banyak rangkaian.
Dengan cara merotasi dari fungsi asli pin MAX7219, Penampil Decimal diganti dengan Selektor Digit..
Tanpa harus panjang lebar, lihat arduino dan Max7219 dibawah ini:


kemudian source code ada dibawah sini, copy di IDE arduino dan Compile...
work ..
done..



0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer