judul
Breaking News
Loading...
Minggu, 25 Juni 2017

Tutorial MAX30100 Arduino Detak Jantung

Minggu, Juni 25, 2017
Sensor MAX30100 merupakan intregasi dari pulse oximetry, pemantauan sinyal detak jantung dan tingkat oksigen dalam darah. sensor ini terdiri dari 2 buah led dan sebuah potodetektor.
Oximeter menggunakan sifat hemoglobin yang mampu menyerap cahaya dan denyut alami aliran darah di dalam arteri untuk mengukur kadar oksigen pada tubuh.

Sebuah alat yang dinamakan probe memiliki sumber cahaya, pendeteksi cahaya, dan mikroprosesor yang dapat membandingkan dan menghitung perbedaan hemoglobin yang kaya akan oksigen dengan yang kekurangan oksigen.

Satu sisi probe mengandung sumber cahaya dengan dua jenis yang berbeda: merah dan ifnframerah. Kedua jenis cahaya tersebut disebarkan melalui jaringan tubuh menuju pendeteksi cahaya yang terdapat pada sisi lain probe. Hemoglobin yang lebih kaya akan oksigen menyerap lebih banyak cahaya inframerah, sedangkan yang tidak memiliki oksigen akan menyerap cahaya merah.
Mikroprosesor pada probe menghitung perbedaan kadar oksigen dan mengubah informasi tersebut ke dalam nilai digital. Nilai tersebut kemudian ditaksir untuk mementukan jumlah oksigen yang dibawa oleh darah. 


Pengukuran penyerapan cahaya relatif dibuat beberapa kali setiap detiknya. Pengukuran tersebut kemudian diproses oleh mesin untuk memberikan gambaran baru setiap 0,5-1 detik. Gambaran selama 3 detik terakhir adalah nilai rata-rata yang akan keluar.
antarmuka antara max30100 dan arduino menggunakan komunikasi i2c, dengan menggunakan PIN SDA dan SCL, yang telah di pull up menggunakan resistor 10K terhadap vcc (+5V)

Tool Yang Perlu disediakan:
1. IDE Arduino disini
2. Library max30100 disini

contoh syntak yang ditulis menggunakan compiler IDE Arduino.



Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer