judul
Breaking News
Loading...
Selasa, 09 Juni 2015

[Pengenalan] Arduino dengan SIMULATOR ISIS

Selasa, Juni 09, 2015
Proteus adalah sebuah software untuk mendisain atau merancang printed circuit board (layaout PCB) yang juga dilengkapi dengan simulasi PSPICE pada level skematik. Software ini  bagus digunakan untuk desain rangkaian mikrokontroller. Proteus merupakan sebuah sarana untuk belajar dasar-dasar elektronika sampai pada level aplikasi mikrokontroler (embedded system).
Arduino dengan SIMULATOR ISIS
Hadirnya simulator arduino sangat membantu sekali bagi mereka yang ingin belajar lebih jauh tentang arduino. Banyak sekali software yang dapat digunakan untuk simulasi arduino. Namun pada artikeli ini hanya menjelaskan cara simulasi arduino dengan Proteus. Proteus merupakan software simulasi rangkaian elektronika yang memiliki fitur sangat banyak. Termasuk fitur simulasi mikrokontroler. Jadi sebenarnya Proteus tidak hanya dapat digunakan untuk simulator Arduino saja lho, tapi bisa juga digunakan untuk simulasi mikrokontroler lainnya atau simulasi rangkaian elektronika yang lain. Untuk melakukan simulasi arduino dengan Proteus Anda membutuhkan tambahan file yang harus di download. File tersebut merupakan library Arduino untuk Proteus. Karena secara default Proteus tidak menyediakan simulator arduino, jadi Anda harus menambahkan sendiri. File library simulator arduino tersebut dapat Anda download pada link berikut ini : 
Pada tutorial kali ini saya menganggap bahwa software Proteus telah terinstall pada komputer Anda dan file simulator arduino telah Anda download. Kami menggunakan versi Proteus 7.8. Sebelum malangkah ke tahap selanjutnya, Anda harus memcopy library arduino yang telah Anda download tadi ke folder library Proteus. Lokasi folder library Arduino ada pada path berikut ini (saya menggunakan Windows XP 32bit).
C:\ProgramData\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional\LIBRARY
Jika Anda menggunakan versi proteus yang lebih rendah dari versi 8, lokasi folder library berada pada
C:\Program Files (x86)\Labcenter Electronics\Proteus 7 Professional\LIBRARY




Setelah proses copy library selesai, sekarang mari kita pastikan bahwa library arduino telah dikenali oleh Proteus. Buka aplikasi Proteus, kemudian klik menu ISIS yang berwarna biru pada icon desktop. Kemudian tambahkan komponen dengan memilih menu komparator kemudian diikuti dengan menu P.
Akan muncul window komponen-komponen yang disedikan oleh Proteus. Jika library Arduino yang telah dicopy tadi dikenali oleh proteus, maka akan muncul komponen yang bernama Arduino. Perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.
simulasi arduino dengan proteus

simulasi arduino dengan proteus
Jika ternyata tidak ditemukan komponen arduino, besar kemungkinan Anda salah menempatkan lokasi file library yang dicopykan tadi. Jika sudah muncul, coba buat gambar rangkaian seperti di bawah ini. Dengan menambahkan LED yang terhubung ke pin 13 arduino. Rangkaian ini akan digunakan untuk mensimulasikan led blinking pada arduino
Setelah rangkaian selesai digambar, sekarang saatnya membuat program untuk arduino yang telah dibuat di proteus. Supaya tidak memakan waktu, saya hanya menggunakan program example bawaan arduino yaitu program blink. Silahkan buka examplenya
simulator arduino
simulator arduino
Kemudian yang paling penting disini adalah mengatur settingan yang ada di bagian Preference. Settingan ini berfungsi untuk menampilkan proses kompilasi pada kolom hitam bagian bawah Arduino. Klik menu File kemudian Preference.
cara simulasi arduino
cara simulasi arduino
Berilah ceklis pada tab compilation seperti gambar di bawah ini. Dengan mencentang bagian compilation berarti proses kompilasi program akan ditampilkan pada kolom hitam di bagian bawah.
arduino simulator
Sekarang lakukan kompilasi program dengan menekan simbol compile. Perhatikan di bagian kolom hitam di bawah, akan muncul informasi proses kompilasi. Jika proses kompilasi telah selesai, lihat kolom hitam di bawah dan carilah 1 baris yang menyatakan lokasi file HEX hasil kompilasi. Biasanya letaknya 3 baris dari bawah. Copy lokasi file HEX nya dengan cara memblok kemudian CTRL + C.
cara simulasi arduino
Sekarang kembali lagi ke Proteus. Klik dua kali pada komponen Arduino, Anda akan melihat satu buah kolom yang menyatakan lokasi dari Program File. Pastekan lokasi file HEX yang telah Anda copy tadi ke bagian program file.


mensimulasikan arduino
mensimulasikan arduino
Langkah terakhir adalah menjalankan simulasi, caranya klik simbol Play yang berada pada bagian kiri bawah. Jika langkah-langkah diatas telah Anda ikuti, maka Anda akan melihat LED akan berkedip dengan selang waktu 1 second sesuai yang telah dituliskan pada program.
manjalankan simulasi arduino
Mudahkan teman, ayo belajar yang rajin ya.. terus berkreasi dan berkarya. Kalau ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer