judul
Breaking News
Loading...
Sabtu, 04 Januari 2014

USB to Serial - Nyata VS Virtual [Part 1]

Sabtu, Januari 04, 2014
Pengenalan Komunikasi USB
 
Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.

Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memproses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya. USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.

Persinyalan Komunikasi USB
 
USB adalah host-centric bus di mana host/terminal induk memulai semua transaksi. Paket pertama/penanda (token) awal dihasilkan oleh host untuk menjelaskan apakah paket yang mengikutinya akan dibaca atau ditulis dan apa tujuan dari perangkat dan titik akhir. Paket berikutnya adalah data paket yang diikuti oleh handshaking packet yang melaporkan apakah data atau penanda sudah diterima dengan baik atau pun titik akhir gagal menerima data dengan baik.
Setiap proses transaksi pada USB terdiri atas:
  • Paket token/sinyal penanda (Header yang menjelaskan data yang mengikutinya)
  • Pilihan paket data (termasuk tingkat muatan) dan
  • Status paket (untuk acknowledge/pemberitahuan hasil transaksi dan untuk koreksi kesalahan)

Pengenalan Komunikasi Serial 

Pada prinsipnya, komunikasi serial ialah komunikasi dimana pengiriman data dilakukan per bit, sehingga lebih lambat dibandingkan komunikasi parallel seperti pada port printer yang mampu mengirim 8 bit sekaligus dalam sekali detak.  Beberapa contoh komunikasi serial ialah mouse, scanner dan system akuisisi data yang terhubung ke port COM1/COM2.

Persinyalaan Komunikasi Serial
Devais pada komunikasi serial port dibagi menjadi 2 (dua ) kelompok yaitu  Data Communication Equipment (DCE) dan Data Terminal Equipment (DTE). Contoh dari DCE ialah modem, plotter, scanner dan lain lain sedangkan contoh dari DTE ialah terminal  di komputer. Spesifikasi elektronik dari serial port merujuk pada Electronic Industry Association (EIA) :
  • “Space” (logika 0) ialah tegangan antara + 3 hingga +25 V.
  • “Mark” (logika 1) ialah tegangan antara –3 hingga –25 V.
  • Daerah antara + 3V hingga –3V tidak didefinisikan /tidak terpakai
  • Tegangan open circuit tidak boleh melebihi 25 V.
  • Arus hubungan singkat tidak boleh melebihi 500mA.

Menghubungkan USB dan Serial Komunkasi (USART)

Misal :  Project untuk interfacing antara External Hadrware (Mikrokontroller) dengan PC (Komputer). Yang harus di garis bawahi adalah persinyalan antara USART berbeda dengan USB, maka di butuhkan konverter agar kedua piranti itu dapat berkomunikasi.
Tegangan komunikasi serial untuk mikrokontroler diantara 0V-3,3V akan tetapi untuk tegangan komunikasi serial komputer ( USB )sekitar -15 sampai 15V. 
Secara Nyata : 
Maka, dibutuhkan USB-to-Serial Converter  :




Salah satu converter yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan IC MAX232 dan dihubungkan dengan komputer lewat DB9. atau dapat juga dengan menggunakan kabel USB to serial converter.








Salah satu Konverter yang digunakan Kabel USB to serial pada Handphone atau DCU 11.dengan IC  pl233 atau usb to uart atau yang berchipset prolific.




Show OFF, komunikasi PC dengan ekternal hardware(mikrokontroller) sudah siap dan langkah selanjutnya adalah Coding untuk project yang dilakukan.

Secara Virtual :
Dengan Project Virtual, Disni Penulis  menggunakan simulasi dari Proteus ( ISIS ) untuk membuat sebuah project virtual serial to USB .

  • install Virtual Serial Port Emulator , download disini
  • pilih tab Device- Create
  • pada specify device Pilih Pair- next , tentukan COM yang digunakan lalu Finish.

Semoga artikel ini bermanfaat. jika ada pertanyaan tentang Virtual serial silahkan tinggalkan di kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer