judul
Breaking News
Loading...
Jumat, 03 Januari 2014

Progammer - Apa Yang Harus Di Ketik [Part 1]

Jumat, Januari 03, 2014
Bagi seorang kalangan tertentu (orang awam) progammer adalah orang dengan keahlian khusus yang mampu membuat / mengolah sesuatu yang berhubungan dengan IT atau komputer. Penjabaran ini tentu belum secara spesifik, karena banyak konsentrasi yang menjadi obyek dari Si Progammer.

Belum ada istilah pasti untuk penjelasan Progammer, tapi secara garis besar Progammer adalah orang yang bekerja membuat atau merancang sebuah system untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia yang menggunakan media Komputer.

Komputer disini juga lebih global, bukan hanya sekedar perangkat keras yang mempunyai LCD/ Monitor, Keyboard, CPU, mouse atau di era modern ini disebut Laptop atau netbook.

Programmer  terbagi menjadi beberapa profesi, yaitu :
  • Visual : Web Programmer, Multimedia Programmer
  • Security: Database Programmer,
  • Controll (Kendali): Microcontroller Progammer.
Salah satu Mini Komputer yaitu Mikrokontroller, Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input output.

"What to do?" .. Untuk memulai menjadi sesorang Progammer?
  1. Cari referensi yang bisa dipertanggung jawabkan. Misalkan: Buku, Forum-online, Teman, Guru, Orang yang berkecimpung di dunia progam. jika ada bahasan tentang bahasa progam yang tidak dimengerti akan mudah untuk bertanya.
  2. Cari Project sebanyak-banyak lalu Oprek project tersebut. Olah dengan imajinasi dan logika yang ada. Jangan berpikir akan hasil dari project tersebut, tapi pahami alur dan cara penulisan syntax progam.  "ingat ketika masih bayi kita belajar menirukan apa yang diucapkan ayah/ ibu kita" , disini kita terapkan ilmu dasar itu.
  3. Setelah Bisa menguasi atau memahami syntax progam yang digunakan mulai mempelajari tentang algoritma. Bukan tentang banyak rumus algoritma yang digunakan, tetapi bagaimana kita menyelesaikan masalah dengan logika ( cara sederhan). algoritma adalah bagaimana kamu berfikir dan berimajinasi.
  4. Biasakan untuk menulis konsep sebelum memulai coding. konsep yang kurang tepat akan menyulitkan dalam proses debuging.
"Apa yang Harus diketik,Progammer...... " , Menulis syntax tanpa konsep yang jelas, bagaikan orang yang berjalan pada kegelapan , tak punya arah yang jelas dengan hasil yang diharapkan" . Mulailah mengetik dengan project yang sederhana dan mudah dipahami.


"Future Progammer...?", Karena progammer adalah keahlian yang bahan bakunya dari pemikiran dan imajinasi, maka progammer adalah pencipta yang bekerja tanpa atasan "bukan kuli". Produksi, Penjual, Pemasaran, yang projectnya bisa di recycle kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer