judul
Breaking News
Loading...
Rabu, 19 Februari 2014

Bagaimana membuat kustom Library pada Eagle CAD

Rabu, Februari 19, 2014

PCB (Printed Circuit Board) adalah media penghubung antara kaki komponen ( jalur penghubung), baik itu PDIP, TQFP ataupun SMD. Disainer atau perancang elektronika tentu membutuhkan sebuah software untuk membuat Loyout PCB yang berupa Board (papan sirkuit) maupun skematik diagram. Hal ini sangat penting, karena dalam pemasangan komponen harus mengetahui nilai dan kaki Pin komponen yang dipasang pada papan sirkuit. Salah Satu software yang direkomendasikan adalah Eagle (
Easily Applicable Graphical Layout Editor 

).


CadSoft Eagle adalah perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan CadSoft Inc. yang digunakan untuk membantu para pengembang dan hobies untuk membuat rancangan gambar rangkaian elekronika. Jadi singkatnya  perangkat lunak ini digunakan untuk menggambar rancangan PCB.Bagi kita yang menggeluti hobi elektronika, mahasiswa teknik elektronika, dosen teknik dll, tentu mengenal atau tidak asing lagi dengan perangkat lunak ini.

TO DO POINT, Bagaimana membuat Library Komponen / Part Secara kustom (buatan sendiri) .


Step 1: Dimulai dengan Eagle control panel


Langkah itu seharusnya cukup jelas.



Pada WINDOWS XP/7 klik dua kali pada icon Eagle.



Atau start-> program-> layout editor 

Eagle
(versi) -

Eagle

Layar Anda akan terlihat seperti berikut ini sekarang

Step 2: Select or create a library


Tentukan di mana part komponen yang akan dibuat. Saya sarankan membuat library Anda sendiri. Jika Anda memiliki library Anda sendiri akan lebih mudah untuk membagi hasil kerja Anda dengan orang lain.
1) Untuk membuatlibrary baru pilin ke menu bar dan pilih File-> New-> Library
2) Tambahkan ke Library yang ada di sebelah kiri dari panel kontrol, klik kanan pada library Anda ingin menambahkan bagian yang open(-) dan pilih.

Step 3:  library Baru


Tampilan layar seharusnya seperti seperti itu. Dari sini  saya menganggap bahwa anda telah  membuat sebuah Library baru, tapi ini sebenarnya tidak ada  masalah.

Step 4: Cara mudah atau cara yang sulit.

Untuk merancang sebuah Part pada Eagle harus dinentukan terlebih dahulu device, package, dan symbol. Tiap aspek telah menetapkan sendiri lapisan yang harus disimpan secara langsung. Ada dua pilihan yang tersisa. Cara mudah, di mana Anda menyalin bagian yang sama dan mengubah agar sesuai spesifikasi. Hal ini tentu saja berbeda dengan membuat satu dari awal. Maka disini kita akan merancang Library Baru dari awal.

Step 5: Konfigurasi pinout pada data sheet.

Misal datasheet IC BGA, yang didalamnya sudah tertulis secara terperinci dari Ukuran, Berat dan cara kerja. tpi yang kita butuhkan disini hanya sebatas ukuran saja.

Step 6: Package (Rincian)


Seperti yang saya sebutkan ada tiga aspek Part pada Eagle. Kita akan mulai dengan Package (rincian). Kita akan membuat 32 titik BGA (Ball Grid Array). Dari datasheet  kita dapat melihat bahwa diameter Ball Grid berukuran 0.55mm , dan ruang pemisah antara ball grid 0.80mm dari titik tengah. Tepi jauh antara titik tengak ball grid adalah 4.80mm.


Step 7: Membuat package


klik pada ikon Package dalam  library window. Pada edit box akan muncul dan pada "newjenis kolom BGA-32 (ingat kita sedang membuat 32 timah Ball Grid Array). dan tekan okKamu akan menerima peringatan yang meminta "Create new package'BGA-32 ', klik" yes "


Step 8: Pengaturan Grid





NEXT TIME , TO BE CONTINUED..... 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer