judul
Breaking News
Loading...
Selasa, 17 Desember 2013

Pengantar Robotika

Selasa, Desember 17, 2013

PENGANTAR ROBOTIKA
Bagi sebagian kalangan orang pasti masih bertanya-tanya  apa pengertian dari robot itu.  Nah mumpung uda berselancar sampe sini silahkan dibaca aja.
Robot adalah peralatan otomatis yang diprogram untuk menjalankan tugas tertentu menggantikan manusia. Robot juga dapat menjadi sumber pendidikan kreatif yang memungkinkan penggunanya untuk mempelajari fungsi dan pengetahuan yang terkait dengan robotika dengan cara yang sistematis dan komprehensif.
Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer.
Membuat robot kini bukanlah hobi kalangan tertentu yang memiliki pendidikan tinggi atau kuliah khusus. Hobi robot kini sudah melanda kalangan awam dan bahkan sudah diperkenalkan di SD hingga SMA sebagai salah satu mata pelajaran ekstra kurikuler.
Hobi robotika yang kian menjamur ini dikarenakan kemajuan teknologi elektronik yang semakin canggih. Pengontrolan robot yang dulunya cukup sulit karena memerlukan pengetahuan elektronika dan rangkaian digital kini bisa diprogram menggunakan komputer dan hanya memerlukan satu atau beberapa chip saja. Selain itu didukung pula dengan semakin mudahnya mendapatkan komponen dan perangkat robot, baik dari dalam, maupun luar negeri dengan cara belanja di toko-toko online.
Hobi robotika memang menyenangkan, karena di dalamnya ada unsur tantangan dan kesenangan. Tantangan yang dimaksud misalnya berupa adanya lomba robot di tanah air membuat para pehobi berpacu mempelajari teknik-teknik pengontrolan robot yang terbaik dan ada kesenangan tersendiri apabila robot yang dibuat mampu mengungguli robot lawan.
Sebenarnya hobi robot bukanlah sekedar hobi untuk kesenangan semata-mata. Apabila kita mampu membuat sebuah robot, maka langkah selanjutnya kita dapat membuat proyek elektronik yang lebih aplikatif, yaitu proyek elektronik yang bisa dipergunakan untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari, maupun membantu industri. Misalnya saja kalau kita suka bermain membuat robot helicopter, maka bisa ditingkatkan dengan helicopter yang dilengkapi kamera, GPS dan bisa digunakan untuk pengintaian polisi, dan sebagainya.
Mempelajari robot bukanlah pekerjaan yang membuang waktu, karena membuat robot membutuhkan pengetahuan hi tech dan apabila dikembangkan dan ditekuni dengan serius, maka akan mampu menghasilkan produk inovasi yang bisa digunakan secara masal dan menghasilkan profit.
Gambar disamping  adalah contoh disain 2D (dimensi) untuk robot line follower (robot pengikut garis).  yang kemudian di bangun menggunakan beberapa block(pembangung) bagian, seperti : Body(kerangka), gear box ( moving robot) dan elektronik.
Dari ringkasan diatas, maka kami menjadi 2 kategori :
  1. Robot Analog
  2. Robot Mikrokontroller(Digital Pemograman)
Terimakasih telah berkunjung ke Halaman kami.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

3 komentar:

 
Toggle Footer